Profile

(COMPANY PROFILE)

Gambaran Umum Perusahaan

 

PUD. BANK PERKREDITAN RAKYAT

 

BANK KARANGANYAR

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. PUD BPR Bank Karanganyar

PUD. BPR BANK KARANGANYAR merupakan BPR (Bank Perkreditan Rakyat) milik Pemerintah Kabupaten Karanganyar, provinsi Jawa Tengah. Sebagai lembaga keuangan perbankan mikro.

PUD BPR BANK KARANGANYAR merupakan BANK PERKREDITAN RAKYAT yang memiliki komitmen dan peran aktif dalam pembangunan sosial ekonomi serta memberikan kontribusi yang penting dalam pembangunan masyarakat Karanganyar pada khususnya.

Sebagai Bank milik Pemerintah Kabupaten Karanganyar, PUD. BPR BANK KARANGANYAR turut berperan dalam meningkatkan pendapatan perkapita daerah, kesejahteraan dan kemandirian masyarakat melalui produk-produk yang ditawarkan kepada masyarakat, sasarannya masyarakat ekonomi kecil dan menengah serta kelompok-kelompok usaha yang ada di wilayah Kabupaten Karanganyar.

Hal utama yang menjadi kunci sukses PUD. BPR BANK KARANGANYAR dalam memberikan pelayanan tersebut adalah proses cepat dan persyaratan mudah.dan lebih mengutamakan pendekatan personal, dan serta fleksibelitas pola dan model pinjaman dengan bunga ringan.

 

  1. Visi misi

PUD BPR Bank Karanganyar menetapkan Visi, Misi dan Budaya Perusahaan sebagai berikut :

Visi :

Menjadi BPR unggulan dan mendorong terciptanya Karanganyar Maju dan Mantab.

Misi :

  1. Meningkatkan mutu pelayanan yang optimal.
  2. Menghimpun dana dalam produk Tabungan dan Deposito dari masyarakat yang kemudian disalurkan kembali kepada masyarakart dalam produk kredit atau modal usaha.

Sebagai penyumbang PAD (Pendapatan Asli Daerah) dalam rangka otonomi daerah.

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Sejarah

 

PERIODE I 1985 : Mulai berdiri tanggal 27 Maret 1985

(SK Bupati KDH TK. II Karanganyar Nomor : 581/161/1985)

dengan nama Badan Kredit Desa (BKD).

PERIODE II 1996 : Pengukuhan BKD menjadi Perusahaan Daerah Bank Perkreditan Rakyat Badan Kredit Desa

(Perda No. 02 Tahun 1996 tanggal 15 Juli 1996)

PERIODE III 1998 : PD. BPR BKD Kabupaten Karanganyar mendapat ijin operasional penuh sebagai BPR dari Menteri Keuangan Republik Indonesia (SK Menteri Keuangan Republik Indonesia No. Kep. 048/KM.17/1998.

PERIODE IV 2001 : Perda Nomor 27 Tahun 2001 tentang Perubahan Pertama Perda Nomor 2 Tahun 1996.

PERIODE V 2006 : Perda Nomor 6 Tahun 2006 tentang Perubahan Kedua Perda Nomor 2 Tahun 1996.

PERIODE VI 2011 : PD BPR BKD Kabupaten Karanganyar berubah nama menjadi PD BPR Bank Karanganyar (Perda Kabupaten Karanganyar Nomor 2 Tahun 2011 tanggal 21 Maret 2011, Keputusan Pemimpin Bank Indonesia Solo Nomor : 13/3/KEP.PBI/SLO/2011 tentang Pemberian Izin Usaha Atas Perubahan Nama PD. Bank Perkreditan Rakyat Badan Kredit Desa Karanganyar menjadi PD. Bank Perkreditan Rakyat Bank Karanganyar dan Surat Bank Indonesia nomor : 13/247/DKBU/IDAd/Slo tanggal 14 April 2011 tentang penetapan penggunaan izin usaha yang dimiliki BPR dengan nama baru.

PERIODE VII 2019 : PD BPR Bank Karanganyar berubah nama menjadi PUD BPR Bank Karanganyar (Perda Kabupaten Karanganyar Nomor 7 Tahun 2018 tanggal 11 April 2018),

Keputusan Otoritas Jasa Keuangan Nomor KEP-35/KO.0301/2019 tentang Pengalihan Izin Usaha BPR dari Perusahaan Daerah (PD) Bank Perkreditan Rakyat Bank Karanganyar kepada Perusahaan Umum Daerah (PUD) Bank Perkreditan Rakyat Bank Karanganyar

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sejarah Kepemimpinan

SOEKASNO, PHD

Direktur Utama Pertama

di PD. BPR BKD Kab. Karanganyar

Masa Jabatan 1985 – 1993

 

 

 

SUJATMOKO, S.Sos

Direktur Utama Kedua

di PD. BPR BKD Kab. Karanganyar

Masa Jabatan 1993 – 2002

 

SRI SOEBONO, SE

Direktur Utama Ketiga

di PD. BPR BKD Kab. Karanganyar

Masa Jabatan 2002 – Mei 2010

 

PRIHANTO, SE, MM

Direktur Utama Keempat

di PD. BPR Bank Karanganyar

Masa Jabatan Mei 2010 – Mei 2014

 

SUDARUSNAN, SE

Direktur Utama Kelima

di PD. BPR Bank Karanganyar

Masa Jabatan November 2014 s/d November 2018

 

 

 

WISNU WARDANA SE, MM

Direktur Utama Kelima

di PD. BPR Bank Karanganyar

Masa Jabatan November 2018 s/d sekarang

 

 

Kepemimpinan Sekarang

 

 

 

 

Direktur Utama                                      Direktur Yang Membawahkan

Fungsi Kepatuhan

WISNU WARDANA, SE, MM                     DENI SUSILO, SH  

 

 

 

 

Sumber Daya Manusia

Karyawan PUD. BPR Bank Karanganyar

Jumlah Karyawan tiap tahunnya dari 2020 sampai dengan 2024 beserta pendidikannya

Tahun Jumlah SMP SMA D3 S1 S2
2020 134 0 29 13 91 1
2021 142 0 27 13 101 1
2022 148 0 29 12 106 1
2023 161 0 31 15 114 1
2024 163 0 30 14 118 1

 

 

 

 

  1. Permodalan

Modal dasar PD. BPR Bank Karanganyar sebesar Rp. 40.000.000.000,- (empat puluh milyar rupiah), sampai dengan akhir tahun 2015 modal disetor sebesar Rp. 13.750.000.000,- (tiga belas milyar tujuh ratus lima puluh juta rupiah).

 

Berdasarakan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 12 /POJK.03/2016 Tentang Kegiatan Usaha dan Wilayah Jaringan Kantor Bank Perkreditan Rakyat Berdasarkan Modal Inti Bab I Pasal 3 Point (b), PUD. BPR Bank Karanganyar termasuk kedalam golongan BPRKU 2 dengan Modal Inti paling sedikit Rp15.000.000.000,00 (lima belas miliar rupiah) sampai dengan kurang dari Rp50.000.000.000,00 (lima puluh miliar rupiah).

 

  1. Logo PUD BPR Bank Karanganyar

 

 

 

 

Simbol Bank Karanganyar melambangkan 2 buah Kotak yang berdampingan, mengisyaratkan Dana dan Kredit. Warna Jingga melambangkan cerah, bahagia, dan membangkitkan semangat, Kuning melambangkan inspirasi, Biru Dongker (Zaffere) Melambangkan kepercayaan dan Merah Melambangkan Keberanian.

  1. Lokasi

Kantor Pusat PUD BPR Bank Karanganyar terletak di Jl. Lawu No.135, Titang,

Tegalgede, Kec. Karanganyar, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah

Dan Memiliki 2 Kantor cabang Jl. Adi Sucipto, Paulan Kulon, Paulan, Kec.

Colomadu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah dan  Bekor, Kaliwuluh, Kec. Kebakkramat, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Serta memiliki 13 Kantor Kas yang tersebar di seluruh Kecamatan Kabupaten

Karanganyar yaitu Kantor Kas Palur, Kantor Kas Karangpandan, Kantor Kas

Jumantono, Kantor Kas Jatipuro, Kantor Kas Ngargoyoso, Kantor Kas Jenawi,

Kantor Kas Gondangrejo, Kantor SuruhKalang, Kantor Kas Matesih,  Kantor Kas Jumapolo, Kantor Kas Tawangmangu, Kantor Kas Jambangan, Kantor Kas Kerjo.

  1. Makna dan Budaya Perusahaan

Visi tersebut diatas ditransformasikan ke dalam makna, nilai dan budaya perusahaan sebagai berikut :

  1. Makna logo: ”Kotak Berantai”

Kotak Berantai melambangkan kebersamaan di lingkungan Bank Karanganyar dalam mencapai prestasi dan kesehatan dalam bidang Perbankan serta melambangkan kesejahteraan baik karyawan, konsumen dan stakeholder.

Kotak Berantai merupakan mata rantai yang tidak dapat dipisahkan sehingga menjadikan Bank Karanganyar mempunyai kekuatan,  komitmen, serta integritas  dalam kehadirannya di tengah-tengah masyarakat untuk bersamasama membangun perekonomian di bidang UMKM khususnya.

  1. Makna harfiah kalimat dari visi :

 

  1.    Sehat :

Bahwa untuk mencapai semua tujuan dan hasil yang diharapkan  oleh semua BPR pertama dan utama yang harus dipenuhi  adalah BPR ini harus benar- benar Sehat baik posisi keuangan, organisasi dan SDM.

Strategi yang dilakukan :

  • Peningkatan kinerja keuangan (Tingkat Kesehatan /TKS) PUD BPR Bank Karanganyar berdasarkan rasio keuangan sesuai dengan peraturan industri perbankan.
  • Peningkatan  tingkat kesehatan organisasi dan SDM menjadi lebih effektif dan efisien sehingga memperoleh hasil yang optimal ( Rasio Produktifitas SDM minimal 1 SDM mengelola

1,5 – 2 M )

  • Peningkatan kemampuan mengelola resiko (manajemen resiko) melalui pengendalian internal yang semakin baik dan penerapan prinsip kehati-hatian pada setiap sektor usaha
  1. Kompetitif  / Berdaya saing :

Perkembangan BPR semakin meningkat seiring dengan meningkatnya pertumbuhan sektor usaha mikro kecil menengah(UMKM) dan meningkatnya pemahaman serta kebutuhan masyarakat akan perbankan mengakibatkan tingkat  persaingan BPR semakin ketat. Hal ini menuntut PUD BPR Bank Karanganyar juga harus mempunyai keunggulan kompetitif atau daya saing yang tinggi agar mampu bertahan hidup /eksis  dan tumbuh berkelanjutan (sustainable) dengan tingkat tantangan yang semakin komplek.

Strategi yang dilakukan :

  • Selalu meningkatkan pelayanan secara iklas dan prima, peningkatan kompetensi SDM melalui pelatihan/training yang terpadu.
  • Kreatif dan inovatif terhadap produk sesuai kebutuhan dan harapan pasar baik produk Dana, Kredit dan jasa lainnya yang tidak bertentangan dengan peraturan.
  • Peningkatan sarana prasarana dan teknologi sesuai dengan perkembangan perbankan dan tuntutan pasar
  • Memberikan kemudahan akses bagi seluruh lapisan masyarakat melalui pendekatan pendekatan personal dan perluasan jaringan pelayanan / pemasaran
  • Penghimpunan dana berbiaya murah melalui pemenuhan kewajiban Modal Disetor dari pemilik dan pengoptimalan tabungan masyarakat

 

  1. Profesional:

Adalah sikap mental dan komitmen dari setiap individu pengelola PUD BPR Bank Karanganyar untuk menguasai seluk beluk ilmu perbankan dan menerapkannya dengan sungguh-sungguh melalui kreatifitas dan inovasi di bagian masing-masing dengan menjunjung tinggi etika dan integritas profesi.

 

Strategi yang dilakukan :

  • Pengelolaan PUD BPR Bank Karanganyar secara tanggung jawab, akuntabel, transparan, efisien, produktif  dan mandiri (Good Corporate Governance) dengan prinsip kehati-hatian.
  • Meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia, yaitu sehat, jujur, disiplin, semangat, tanggung jawab, terdidik dan berpengalaman.
  • Rekuitmen SDM yang benar-benar berkualitas baik secara Integritas maupun  kompetensi dan yang paling penting harus sesuai dengan kebutuhan dan manfaat bagi Perusahaan.
  • Optimalisasi SDM dengan memperbanyak posisi SDM pada  sektor produktif / Profit  sektor (Sektor yang menghasilkan) dan mengefektifkan SDM pada sektor beban (back  sektor) sehingga volume usaha meningkat dan produktifitas meningkat.
  1. Tumbuh berkualitas:

Untuk menjaga dan meningkatkan kepercayaan Pemilik, Nasabah, stakeholders dan seluruh masyarakat, PUD BPR Bank Karanganyar selain harus ‘tumbuh’ namun juga harus dibarengi dengan ‘berkualitas’ baik dari posisi kinerja keuangan, Dana, Kredit maupun dalam pelayanan, dengan begitu akan tercapai tujuan bisnisnya yaitu laba yang optimal dan kesejahteraan bersama.

Strategi yang dilakukan :

  • Menyempurnakan dan memperjelas Struktur Organisasi (SOT), Job Description dan SOP menjadi lebih efektif dan efisien sesuai prinsip perbankan.
  • Implementasi Pengendalian dan pengawasan internal secara terpadu dengan mengoptimalkan fungsi IT.
  • Pemberian Gaji, pendapatan dan kompensasi lainya berbasis Kinerja (Beban Kerja)
  • Penerapan Penghargaan (Reward) dan Sanksi (Punishment) yang jelas dan tegas sehingga memberikan efek jera dan rasa keadilan
  • Penerapan Target dan Insentif  yang pasti untuk meningkatkan semangat kerja

 

 

 

  1. Bermanfaat bagi masyarakat

Inilah harapan semua satuan kerja perangkat daerah  pemerintah Kabupaten Karanganyar termasuk PUD BPR Bank Karanganyar sebagai Perusahaan Daerah Milik Pemerintah Kabupaten Karanganyar yang merupakan salah satu alat kelengkapan otonomi daerah di bidang perbankan, ’wajib hukumnya’ memberikan manfaat bagi masyarakat namun tetap dalam koridor hukum serta aturan sebagai Badan Usaha Milik Daerah dan  perbankan  yang berlaku

 

Strategi yang dilakukan :

  • Melayani nasabah dan masyarakat dengan iklas melalui pendekatan personal yang beretika dan berintegritas.
  • Jujur dan terbuka kepada seluruh nasabah dan masyarakat terhadap setiap produk, jasa dan layanan perbankan yang disediakan.
  • Mendekatkan  pelayanan kepada masyarakat dengan membuka jaringan kantor cabang dan kantor kas di seluruh wilayah

kabupaten Karanganyar dan sekitarnya

  • Memberikan pelatihan dan pembinaan (edukasi) kepada nasabah/masyarakat.
  • Membuka kotak-kotak pengaduan nasabah/masyarakat dalam rangka tanggung jawab dan instropeksi diri.
  1. Nilai-nilai Perusahaan
    • JUJUR
    • BERTANGGUNG JAWAB
    • PEDULI
    • KREATIF dan INOVATIF
    • KERJASAMA

Budaya Malu dalam bekerja

  • Malu Datang Terlambat
  • Malu Pulang Lebih Awal
  • Malu Meninggalkan Kantor Seenaknya Sendiri
  • Malu Tidak Melaksanakan Tugas Dengan Baik
  • Malu Mengerjakan Tugas Tidak Terprogram
  • Malu Berkata Tidak Jujur
  • Malu Berbuat Tanpa Pertanggungjawaban
  • Malu Tidak Dapat Bekerja Sama
  • Malu Tidak Menghormati Teman
  • Malu Berpenampilan Tidak Rapi (Tidak Pakai Atribut)
  • Malu Bila Tidak Bertata Krama
  • Malu Bila Tidak Disiplin

PROGRAM ZERO FRAUDS (Tidak ada Penyimpangan)

  1. Sadar Resiko
  2. Taati SOP dan aturan
  3. Hindari konflik kepentingan pribadi
  4. Saling menjadi tauladan
  5. Ingat harga diri dan keluarga

 

Slogan PUD BPR Bank Karanganyar  “ MUDAH CEPAT TERPERCAYA “

 

PENGHARGAAN

Selama menjabat tahun 2018 sampai dengan 2023 PUD BPR Bank Karanganyar mendapat penghargaan sebagi berikut:

  1. Tahun 2018 mendapatkan Penganugerahan Infobank 9th BPR Awards.
  2. Tahun 2021 mendapatkan penghargaan dari Infobank dengan predikat “Sangat Bagus” atas Kinerja Keuangan Selama Tahun 2021.
  3. Tahun 2022 mendapatkan penghargaan dari Pilar Media Communication untuk kategori “Best Performance Rural Bank In Optimizing Banking Service and Product of The Year 2022”.
  4. Tahun 2023 mendapatkan penghargaan dari Indonesia Achievement

Magazine untuk prestasi “No. 1 Best BPR Winner 2023”

 

Dan masih banyak lagi

 

  1. Karyawan
    1. Karyawan

Saat ini PUD BPR Bank Karanganyar memiliki Karyawan ± 150 Orang dan mengadakan Perekrutan Minimal 1x dalam setahun.

  1. Jam Kerja

Jam Kerja Karyawan Bank Karanganyar adalah dari pukul 07.30 – 16.00 WIB. Hari Senin – Jumat (Sabtu Minggu Libur) Khusus Hari libur reguler dan Libur Tanggal Merah yang bertepatan Tanggal 1 Oprasional tetap buka (untuk penggajian Pegawai PPPK Kab Karanganyar) pukul 07.30 – 12.00 WIB

  1. Produk

PUD BPR Memiliki 2 jenis produk yang diterbitkan untuk nasabah, Yaitu Produk Dana dan Produk Kredit.

– Dana

Produk dana adalah produk liquiditas seperti tabungan dan deposito. Adapun produk dana seperti :

  1. Tabungan Srikandi

Tabungan Utama Bank Karanganyar, Dengan nama kepanjangan dari Sarana Investasi Keluarga Mandiri. Bunga yang lebih tinggi dari Bank Umum. Dan mendapatkan Hadiah undian setiap periode nya(tahunan)

 

 

  1. Tabungan Harimas

Tabungan Harian Masyarakat, dengan bunga harian yang lebih tinggi dari Tabungan Srikandi, namun tidak dapat undian periode.

  1. Tabungan Simpelpol

Tabungan Simpanan Pelajar Populer khusus anak dan pelajar. Rekening dengan Sarana pembelajaran anak tentang investasi tanpa Bungan dan biaya Administrasi.

Dan masih banyak Tabungan Lainnya.

– Kredit

Kredit adalah produk Bank karanganyar yang bertujuan untuk

meningkatkan dan memajukan Ekonomi masyarakat khususnya masyarakat Kabupaten Karanganyar dengan bunga dan pembiayaan yang variatif.

  1. Kredit UMUM/UMKM

Kredit yang digunakan untuk masyarakat umum ataupun dengan tujuan usaha.

  1. Kredit PNS / TNI / Polri

Kredit yang dikhususkan untuk pegawai Negeri tertentu.

  1. Kredit PPPK

Kredit yang dikhususkan untuk pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) .

  1. Struktur Organsisasi